{ 0 komentar }

Memilih base camp

Tips Memilih Tempat Peristirahatan

Dalam berkemah, baik kegiatan pramuka, pecinta alam, pendakian, tracking, atau sekedar menjelajah untuk menikmati pemandangan alam perlu perencanan salah satunya mengenai lokasi istirahat baik memasang tenda untuk bermalam, atau sekedar istirahat melepas penat.

Memilih tempat peristirahatan harus benar-banar di perhatikan, baik segi keamanan, kebutuhan air bersih atau MCK, dan segala kemungkinan lainnya. Memilih lokasi/tempat peristirahatan bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena lebih bergantung pada kondisi medan, dan area yang kita datangi. Di areal yang miring atau curam lebih sulit untuk di jadikan tempat berkemah atau bermalam, namun tidak masalah jika untuk istirahat sementara. Sedangkan di daerah yang landai dan datar cenderung lebih cocok di jadikan tempat mendirikan tenda atau berkemah dan bermalam.

Berikut akan saya coba berikan tips-tips memilih tempat istirahat, berkemah atau mendirikan tenda. Namun sebagai catatan : Saya bukan ahlinya, sekedar berbagi tips atau pengalaman. Panduan dari instruktur adalah yang di utamakan, tips-tips ini hanya sebagai tambahan informasi dan semoga bermanfaat.

  1. Hal pertama adalah perencanaan tempat, paling tidak sudah di rencanakan di area mana anda atau regu anda akan beristirahat.
  2. Pilih tempat yang tidak terlalu jauh dengan sumber air bersih
  3. Jangan memilih tempat yang dekat dengan jalan binatang, tempat berkubang binatang, bekas mencari makan binatang, sarang binatang buas dan sebagainya.
  4. Carilah tempat yang agak teduh atau terlindung oleh terpaan angin langsung
  5. Hindari tempat-tempat yang rawan, misalnya rawan longsor atau aliran air jika hujan
  6. Usahakan tempat yang di pilih tidak susah untuk mendapatkan kayu bakar
  7. Jangan terlalu dekat dengan sungai yang masih memungkinkan terjangkau luapan air sungai saat hujan deras
  8. Pilih tempat yang lebih tinggi dari daerah sekitar dan datar untuk menghindari aliran air saat hujan
  9. Carilah daerah yang sedikit terbuka ( Jangan sampai daerah terlalu banyak rumput dan semak belukar) untuk menghindari ular dan bangsa reptil lainnya.
  10. Setelah anda berada di tempat yang telah di rencanakan periksa kelayakan area yang sudah anda rencanakan tersebut. Jika tidak layak, anda bisa mencari daerah terdekat yang menuhi kriteria diatas dan yang terpenting adalah ke amanan dan kenyamanan.


Share This Artikel:

Look at the sidebar, If your favourite network is not listed here :)

Artikel Terkait:

{ 0 Komentar, dibacaya }

Silahkan berkomentar Ya..