{ 0 komentar }

Tips Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Tips Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Di tulisan sebelumnya mengenai memilih tempat untuk basecamp atau bermalam banyak saya singgung mengenai keamanan dan kenyamanan yang harus di pertimbangkan, nah slah satu unsur kenyamanan dan keamanan tersebut adalah angin. Angin selain beresiko bagi tenda-tenda yang anda dirikan juga dapat menurunkan daya tahan tubuh terutama efeknya adalah rasa dingin yang menyebabkan anda mudah masuk angin dan terserang flu.
Jadi dalam memilih tempat untuk mendirikan tenda sebaiknya yang terlindung dari terpaan angin langsung agar tenda aman dan tentunya tidak kedinginan. Tapi perlu di ingat kedinginan tidak hanya bisa ditimbulkan oleh angin, tapi bisa berbagai sumber misalnya embun, keadaan basah, faktor cuaca (suhu lingkungan), ataupun sakit.
Kedinginan dapat menimbulkan masalah serius pada kita, misalnya badan menggigil sehingga tidak dapat melakukan aktifitas normal, asma, flu, ataupun hipotermia. Gejala kedinginan yang cukup parah terlihat dari badan yang menggigil, muka pucat suhu tubuh turun, gigi bergemeletuk dsb.
Lalu bagaimana cara mengindarkan diri agar tidak terkena bahaya akibat kedinginan ! Tentu saja sebelum berangkat melakukan perjalanan atau petualangan anda harus sudah mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari instruktur anda yang lebih ahli dan berpengalaman. Namun bagaimana kalau kejadian itu adalah tak terduga atau tidak di rencanakan sebelumnya ? Berikut tips-tips yang mungkin dapat membantu Bagaimana menjaga tubuh tetap hangat atau tidak kedinginan.
1. Persiapkan segala sesuatu yang anda perlukan untuk bertualang, ataupun menjelajahi alam termasuk jaket, minuman penghangat, dll
2. Hindari penyebab-penyebab yang dapat menimbulkan efek dingin, misalnya air, angin, dan embun
3. Gunakan pakaian pelindung/ jaket, dengan memakai jaket panas yang di pancarkan dari tubuh anda tidak langsung hilang sehingga suhu tubuh anda akan lebih stabil.
4. Buatlah api unggun untuk menghangatkan tubuh
5. Minumlah minuman yang dapat menghangatkan tubuh, misalnya yang mengandung jahe atau ginseng.
6. Jika di dalam tenda, rapatkan tenda anda, berkumpulah bersama teman-teman dalam satu tenda agar lebih hangat
7. Jika anda tidak memiliki tenda carilah tempat berlindung yang aman, misalnya gua dangkal atau semacamnya agar terhindar dari terpaan angin atau hujan
8. Jagalah kondisi anda, dan sebisa mungkin jangan biarkan perut anda kosong agar tidak mudah masuk angin
9. Gunakan minyak angin, balsem atau minyak kayu putih yang memiliki efek hangat untuk anda oleskan di perut agar tidak mudah masuk angin
10. Jika anda memiliki gejala asma, persiapkanlah obat anda sebelum melakukan perjalanan, karena dingin berpotensi untuk memunculkan penyakit asma anda.


Share This Artikel:

Look at the sidebar, If your favourite network is not listed here :)

Artikel Terkait:

{ 0 Komentar, dibacaya }

Silahkan berkomentar Ya..